Apa Pentingnya Kabel Tahan Panas Dalam Dunia Industri ?

Tanggal :10/5/2021 11:33:00 AM Penulis : Hartawan Reynaldi
Saat membangun sistem kelistrikan, salah satu tantangannya adalah melindungi kabel dari panas yang berlebihan. Kabel tahan panas dirancang untuk kondisi ekstrem dan digunakan pada area yang memerlukan ketahanan panas. Dalam kondisi panas, fungsi dan keandalan kabel harus tetap terjamin seperti pada suhu normal. Kabel tahan panas atau suhu tinggi tidak dirancang untuk kinerja jika kabel terkena api, tetapi akan menahan suhu yang lebih tinggi tanpa meleleh.Tergantung aplikasinya, variasi suhu menurut musim juga berdampak pada bahan selubung luar kabel yang dipakai di luar ruang.  Kabel tahan panas banyak sebagai kabel internal pada suhu sekitar yang tinggi di ruangan yang dilindungi. Seperti pada lingkup industri pemrosesan plastik, packaging machine construction, peleburan, pabrik baja dan hot rolling mill, safety engineering, pemrosesan semen, industri kaca dan keramik, industri sauna dan lainnya.

Jenis -Jenis Kabel Tahan Panas

Tidak ada yang namanya cuaca buruk, hanya pakaian yang salah, seperti yang kita katakan ketika seseorang mengeluh tentang hujan dan dingin. Jika hujan turun, maka kenakan jas hujan dan ketika cuaca dingin kenakan jaket untuk menghangatkan badan. Begitupun, hal yang sama juga berlaku pada kabel tahan panas: selubung – penutup pelindung luar kabel memiliki komposisi bahan yang berbeda-beda tergantung pada tujuan penggunaannya. Salah satu bahan yang biasanya digunakan untuk pembuatan selubung kabel adalah PVC (Polyvinyl Chloride). Jenis kabel ini dapat dengan mudah dipotong dengan pisau, membuatnya lebih mudah untuk melepaskan selubungnya, mengupas kabel dan  untuk memasang konektor. Kabel PVC juga dapat menahan suhu lebih dari 100 °C. Pada suhu yang jauh lebih tinggi, kabel PVC tidak dapat lagi digunakan dan diperlukan kabel dengan bahan selubung lainnya. Tergantung pada kisaran suhu, produsen ada yang menggunakan selubung kabel kopolimer poliolefin, fluoroetilena propilena, politetrafluoretilena serta silikon. Bahan-bahan tersebut mampu menahan suhu hingga 260 °C.Jika semakin panas, konstruksi kabel harus berubah secara mendasar. Dalam kasus seperti itu, baik untaian konduktif dan seluruh kabel dibungkus dengan pita mika dan jalinan serat kaca. Ini meningkatkan suhu konstan yang dapat bertahan hingga 650 °C. 

Kami jawindojaya.com adalah pusat jual kabel tahan panas terlengkap berbagai jenis dan ukuran. Jika Anda sedang mencari atau membutuhkan kabel tahan panas untuk aplikasi Anda, silakan hubungi kami secara langsung. Konsultasikan kabel tahan panas mana yang anda butuhkan. Dengan senang hati kami akan membantu Anda dalam memilih kabel tahan panas yang tepat dan optimal untuk aplikasi Anda.

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

Bendera Indonesia Indonesia  |  Bendera Inggris English